Tips Kesehatan Lengkap Mulai Dari Kecantikan Kulit Wajah Rambut, Manfaat Berbagai Sayuran dan Buah Buahan

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Lambung dan Perut

Intips-kesehatan-kita akan memberikan info menarik tentang kunyit, kunyit dikenal dengan nama lain kunir (di jawa) dan banyak digunakan untuk bumbu masakan, juga untuk dibuat jamu. Ternyata kunyit ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kita salah satunya untuk kesehatan perut dan lambung kita. Selain itu kunyit dikenal juga sangat bermanfaat atau memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat menyembuhkan luka dan demam. Dalam kunyit ini terdapat senyawa yang dinamakan dengan senyawa kurkumin, yaitu zat yang dapat membuat warna kuning pada kunyit (kunir). Kurmukin sendiri merupakan senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang sangat kuat, menurut sebuah penelitian ternyata zat kurkumin ini sangat efektif sebagai zat antikanker. Kunyit sangat aman untuk dikonsumsi asalkan tidak berlebihan, dan sebaiknya dilakukan dengan konsultasi dengan dokter.

Berikut ini manfaat lengkap dari Kunyit untuk kesehatang kita :

Mencegah penumpukan gas
Kunyit dikenal sangat bagus dalam membantu meningkatkan penyerapan usus dan juga mempromosikan florausus. Colitis adalah salah satu penyakit saluran pencernaan kronis yang kumat kumatan dan memang juntuk disembuhkan secara total. Terdapat studi terhadap kunyit untuk perut yang dilakukan kepada pasien dengan kolitis ulserativa, dengan diberikan atau menkonsumsi kunyit, pasien ini memiliki tingkat kekambuhan yang lebih rendah. Kunyit ini ternyata menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan jalan menyingkirkan gas.

Membantu masalah pencernaan
Kunyit dapat membantu pelepasan empedu yang diyakini membantu pencernaan makanan. Empedu memainkan peranan penting untuk pencernaan dalam penyerapan lemak dalam usus kecil. Cara kerja kunyit ini adalah dengan menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu.

Kesehatan lambung
Setiap hari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita biasanya akan membuat pencernaan dalam tubuh kita terganggu, terlebih bila tubuh kita mengkonsumsi makanan korosif, sehingga dapat mengganggu usus dan lambung kita. Kunyit, dapat membantu meningkatkan lendir pada dinding lambung serta serta bertindak sebagai pelindung.

Dapat Mengatasi Gangguan Sembelit.
Dengan sifat sifat pencernaan seperti yang telah kita ulas di atas, kunyit dapat membantu pencernaan anda dengan baik. Kunyit ternyata dapat mempromosikan gerakan peristaltik pada usus besar sehingga dapat memperlancar gerakan makanan sehingga kita akan terhindar dari masalah sembelit serta lancarnya BAB, kunyit juga dapat membantu anda yang terkena wasir.


Berikut ini cara mengkonsumsi kunyit untuk kesehatan anda :

  • Ambil beberara ruas kunyit yang sudah tua atau rimpang kunyit.
  • Kerok kulit kunyit dengan sendok hingga bersih lalu cuci bersih.
  • Parut kunyit lalu tambahkan dengan segelas air, dan saring.
  • Tambahkan dengan 1 sendok makan madu asli dan sedikit air jeruk nipis.
  • Bila tidak ada jeruk nipis, tambahkan dengan gula merah atau gula kelapa.
  • Minum setiap gelas setiap pagi 2-3 kali dalam seminggu.
Demikian manfaat kunyit untuk kesehatan kita, nah bagaiman tertarik dengan mengkonsumsi kunyit ... semoga bermanfaat.
Tag : Kesehatan
0 Comments for "Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Lambung dan Perut"

Back To Top